Headlines News :
Home » » Bisnis Plan

Bisnis Plan

Written By ria putri on Minggu, 06 Januari 2013 | 06.51















OLEH :
RIA PUTRI PALUPIJATI
10110241009




KEBIJAKAN PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Houfe of Hijab”


  1. VISI
Mampu membuka lahan bisnis dibidang hijab dengan style terbaru dan tetap mempertahankan nilai syar’i, memberikan peluang dan prospek kedepan yang baik, serta mampu menciptakan lapangan kerja baru.

  1. MISI
  1. Membuka toko hijab dengan style terbaru;
  2. Mengembangkan usaha hijab yang mampu menumbuhkan keinginan muslimah untuk menutup auratnya dengan berhijab, namun tetap bisa up to date;
  3. Membangun bisnis baru yang mendorong pertumbuhan ekonomi;
  4. Memantapkan manajemen kerja yang menunjang keberlanjutan usaha;


  1. MOTTO
  1. Hai nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin:”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang (Al Ahzab:33)
  2. If you wish a “miracle” be a miracle.
 
  1. LATAR BELAKANG USAHA
Wirausaha adalah mencari dan menciptakan cara baru, terobosan baru dalam mendapatkan masukan atau input, serta mengolahnya menjadi barang dan jasa yang menarik dan memasarkan barang dan jasa tersebut untuk memuaskan langganan dan sekaligus memperoleh keuntungan; mengenali lingkungan dalam rangka mencari dan menciptakan peluang usaha serta untuk mengendalikan lingkungan ke arah yang menguntungkan bagi perusahaan.
Ditinjau dari sudut kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, lazimnya wirausaha yang baik dianggap dan diakui sebagai pionir-pionir yang mnegembangkan usaha, menciptakan lapangan pekerjaan, penghasil barang dan jasa yang lebih baik dan lebih bermanfaat serta melakukan pengembangan dan akumulasi sumber daya manusia, sumber daya modal, dan sarana teknologi. Dengan kata lain, wirausaha adalah orang yang berjuang untuk mneingkatkan sekaligus memperkuat bangsa dan negara.
Sebagai langkah awal, saya memilih berwirausaha dibidang kerudung atau yang sekarang lebih dikenal dengan hijab. Pada awal tahun 1990 an sangat sedikit perempuan di Indonesia yang mau memakai hijab, pada saat itu orang yang berhijab dianggap kuno karena penampilannya hanya monoton, tidak mengikuti mode, dan sulit untuk dapat di mix and match. Namun, pada saat ini banyak antusiasme perempuan Indonesia untuk memakai hijab karena model hijab sekarang dapat mengikuti mode dan lebih banyak variasi yang dapat dihasilkan misalnya Turkish Style, Maroko Style, dll.
Dengan melihat peluang pasar yang semakin meluas tersebut dan semakin banyaknya wanita yang sadar akan kewajiban dan pentingnya berhijab, saya memberanikan diri untuk merencanakan sebuah bisnis dibidang hijab. Dengan konsep buy and trial it, diharapkan pelanggan akan merasa semakin mantap dan percaya diri dalam berhijab. Konsep ini akan memudahkan pelanggan untuk memakai hijab dengan tutorial langsung dari karyawan House of Hijab. Tutorial ini dilakukan dengan konsep kekeluargaan yang hangat dan penuh dengan keramahan.

  1. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Luaran yang diharapkan yaitu sebuah toko dengan konsep minimalis dan modern dengan hijab yang up to date sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan konsep buy and trial it, pelanggan dapat mencoba langsung hijab yang dibeli dengan kreasi-kreasi yang up to date dibantu oleh karyawan-karyawan yang telah di training dalam hijab variasi. Selain itu, pelayanan yang memuaskan dari para karyawan atau dengan kata lain dapat memposisikan diri bahwa pelanggan adalah raja yang perlu kita layani dengan sabar dan penuh keramahan.

  1. STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi dalam usaha kuliner (restoran) ini adalah sebagai berikut:
  1. Penanggung jawab : Ria Putri Palupijati
  2. Pengawas : Lilis Palupi
  3. Pemegang keuangan : Elly Pujiastuti
  4. Kepegawaian : Lintang Dewi Nawangsasi
  5. Pelaksana lapangan :
  1. Hijab Stylist : 1 orang
  2. Kasir : 1 orang
  3. SPG : 4 orang
  4. Inventoris Gudang : 1 orang
  5. Petugas parkir : 1 orang 
     


  1.  MANAGEMEN

Manajemen merupakan proses yang dilakukan organisasi untuk perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian seluruh kegiatan anggota organisasi dengan memanfaatkan berbagi sumber daya yang tersedia untul mencapai tujuan organisasi. Organisasi disini dapat dalam bnetuk usaha atau bisnis.
Sehingga dalam menjalankan usaha ini, banyak pertimbangan yang perlu diperhatikan, terutama pegawai. Karena itulah dibutuhkan persyaratan atau kriteria tertentu agar dapat menjadi pegawai di toko ini. Antar lain yaitu sebagai berikut:
  1. Penanggung jawab, dipegang oleh saya sendiri yaitu sebagai pencetus ide dan pengelola;
  2. Pengawas, dipegang oleh ibu saya dengan alasan beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang tidak bekerja sehingga dapat mengawasi toko ini secara maksimal selain itu beliau juga dapat dipercaya untuk mengawasi toko ini dengan tanggung jawab penuh;
  3. Pemegang keuangan, dipegang oleh kakak sepupu saya, beliau sudah berpengalaman dalam bidang keuangan karena telah bekerja sebagai kepala keuangan di toko buku Gramedia Sudirman. Laporan keuangan akan diperiksa setiap sore harinya setelah beliau pulang kerja;
  4. Kepegawaian, dipegang oleh kakak ipar saya karena dia sudah berpengalaman dalam bidang kepegawaian khususnya SPG;
  5. Hijab Stylist, syaratnya yaitu: perempuan, kreatif, stylist, berpenampilan menarik, modist, memakai hijab, berusia 18-27 tahun, berakhlak mulia, kerja part time.
  6. Kasir, syaratnya yaitu: perempuan, lulusan SMK jurusan Akuntansi atau Penjualan atau Adminstrasi, berpenampilan menarik dan bersih, ramah, jujur, dapat dipercaya, memakai hijab;
  7. SPG, syaratnya yaitu: perempuan, minimal SMP, berpenampilan menarik, jujur, mempunyai semangat yang tinggi, ramah, memakai hijab;
  8. Inventoris Gudang, syaratnya yaitu: laki-laki, minimal SMA, bertanggung jawab, mempunyai semangat yang tinggi, jujur,dapat dipecaya;
  9. Petugas parkir, tidak mempertimbangkan pendidikan, tetapi diharapkan mempunyai tanggung jawab terhadap pekerjaannya, jujur, dan dapat dipercaya.
Penanggung jawab dan pengawas yang selalu merencanakan, mengorganisasikan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan usaha dan karyawan. Pemegang keuangan dan kepegawaian senantiasa efisien memimpin dan efisien kerja, serta pegawai beserta staf nya melaksanakan tugasnya secara baik dan efektif, maka usaha house of hijab ini akan berjalan dan berkembang dengan baik.
  1. DESKRIPSI USAHA
  1. Jenis Usaha
Jenis usahanya yaitu di bidang hijab, dengan konsep buy and trial it akan semakin membuat pelanggan lebih percaya diri dalam berhijab sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang syar’i.
  1. Modal
Untuk modal awal, yaitu sebesar Rp. 20.000.000,00, yaitu digunakan untuk membeli bahan dari pedagang besar di pasar tanah abang Jakarta biaya akomodasi pengangkutan ke Yogyakarta. Untuk lahan atau tempat, sudah tersedia sehingga tinggal merenovasi dan mendesain dengan konsep minimallis dan modern
  1. Sumber Modal
Modal diperoleh dari dukungan orang tua, keluarga besar, sebagian dari tabungan pribadi. Sebagai rinciannya adalah sebagai berikut:
  1. Orang tua : Rp. 2.000.000,00
  2. Keluarga Besar : Rp.10.000.000,00
  3. Tabungan pribadi : Rp. 8.000.000,00
  1. Tempat Usaha
Usaha restoran ini dibuka di tempat yang cukup strategis tepatnya di Jalan Nogosari No: 33, yaitu daerah kecamatan Kraton yang disana sangat ramai dengan sentral Batik dan Dagadu juga pusat-pusat tempat rekreasi seperti Tamansari, Kraton, Museum Kereta, museum Sonobudoyo, Masjid Gede Kauman, dll. Masih jarang usaha toko hijab di daerah ini, sehingga persaingan pasar tidak dirasakan

  1. Produk Yang Dijual
Sema jenis hijab, underscarf atau biasa disebut dalaman hijab atau ciput, aksesoris seperti peniti, bros, dan lain-lain
Hijab sendiri terdari dari berbagai jenis mulai bentuknya yang persegi, persegi panjang ataupun segitiga. Bahannya, yang dibedakan dari bahan nylon, katun, kaos, dll. Untuk underscarf terdapat beberapa produk yang kita tawarkan mulai dari bandana lycra, bergo turkish basic, ciput renda, ciput cepol, bandana renda, bandana motif, ciput ninja, dll. Untuk bros kita akan memproduksi sendiri dengan membeli bahan-bahan dasar yang selanjutkan akan dirangkai menjadi sebuah bros yang cantik dan diproduksi secara terbatas.

                                                        Contoh dari bergo turkish basic 


Contoh dari bandana renda


  1. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
  1. Aspek Pemasaran
    1. Permintaan Pasar
Walaupun usaha toko hijab sudah banyak berkembang di masyarakat. Namun usaha ini memiliki konsep yang lain, terutama dalam konsep tempat, yaitu pemilihan konsep yang minimalis dan modern. Tentunya tempat ini akan membuat pelanggan lebih nyaman untuk memilih hijab. Sehingga kami yakin dengan adanya persaingan membuat kami akan semakin termotivasi dalam menjalankan usaha yang memiliki keunggulan komparatif yang lebih tinggi dengan toko lain.
Selain itu masih homogen dan kurang berkembang dengan baik usaha toko hijab yang juga mengedepankan keramahan dan suasana welcome dari para karyawan. Toko ini akan melayani setiap pelanggan dengan 3S (senyum, salam, sapa). Dan siap membantu pelanggan untuk belajar memakai hijab yang up to date, dan modis tanpa mengurangi kesyar’i-annya dalam menjalankan perintah Allah SWT. Para karyawan akan selalu siap melayani pelanggan.
    1. Peluang Pasar
Banyaknya toko hijab yang memiliki ciri khas yang berbeda, khususnya diberbagai tempat di Yogyakarta, yang didukung dengan kreativitas yang begitu besar merupakan salah satu kekuatan melakukan ekspansi pasar. Selain itu strategi pemasaran yang semakin banyak berkembang menjadi peluang bagi kami untuk berkecimpung menggeluti usaha toko hijab ini.
    1. Strategi penjualan
Strategi utama dalam usaha toko hijab ini adalah dengan membuka fasilitas membercard dengan membayar registrasi senilai 35.000 untuk kegiatan amal house of hijab di panti-panti asuhan. Kelebihan menjadi membercard adalah mendapatkan diskon khusus untuk pembelian diatas Rp100.000,00 mendapatkan merchandise dari house of hijab, atau kupon belanja di house of hijab. Selain itu, house of hijab juga membuka program buy and trial it untuk mengajari para pelanggan memakai hijab yang kreatif dan modis namun tetap syar’i. Program ini juga akan mengajari pelanggan untuk dapat mix and match hijab. Ddalam program ini pelanggan juga dapat berkonsultasi mengenai segala sesuatu tentang hijab, dan dengan penuh keramahan dan kesabaran karyawan kami akan melayani denngan sepenuh hati.
    1. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang akan dilakukan adalah melakukan pemasaran melalui media online seperti twitter, facebook, YM, BBM,dll. Nantinya proruk-produk dari house of hijab akan diposting dalam akun-akun tersebut. Produk dapat dipesan secara online. Pemasaran juga akan dilakukan dengan cara memasarkan melalui arisan-arisan ibu-ibu rumah tangga, seperti arisan RT, RW, kelurahan, kecamatan, PKK arisan reuni. Untuk perencanaan jangka jauhnya house of hijab juga akan membuka cabang di Solo, Madiun dan Bali. Kota ini dipilih karena terdapat beberapa lahan keluarga yang menganggur disana.
    1. Strategi Segmentasi pasar
Sasaran utamanya adalah muslimah Indonesia secara keseluruhan. Grup para hijabers, sosialita, pelajar dan mahasiswa, serta muslimah lain yang sadar akan pentingnya penampilan. Sasaran ini juga akan berusaha melebarkan sayap ke luar negeri ke seperti Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam dan beberapa negara Eropa seperti Perancis, Spanyol dan German.
    1. Strategi Penetapan Harga
Dalam penetapan harga sangat fipengaruhi oleh biaya harga pokok pembelian barang (hijab dan aksesorisnya), biaya operasional, dan biaya akomodasi. Laba yang akan diharapkan adalah 30%.
Harga beli hijab 1.000 X Rp10.000 =Rp10.000.000
Biaya-biaya:
  1. Ongkos pengiriman dari jakarta(kereta ekonomi) =Rp90.000
  2. Pemeliharaan dan promosi =Rp500.000,00
  3. Biaya tenaga kerja =Rp3.000.000
  1. Harga pokok hijab =Rp13.590.000,00
  2. Laba yang diharapkan 30% =Rp4.077.000,00
  3. Harga jual hijab batik per 1000 unit:
Rp17.667.000,00
1000
=Rp17.667,00 harga Hijab
Sedangkan untuk harga ciput
Harga beli ciput 1000XRp2.500 =Rp2.500.000,00
Biaya-biaya (sama dengan diatas) =Rp3.590.000,00
1) harga pokok ciput =Rp6.090.000,00
2) laba yang diharapkan 30% =Rp1.827.000,00
3) harga jual ciput per 1000 unit
Rp7.917.000 : 1000 = Rp7.917.000 harga ciput
1.7 Strategi Promosi
Kami melakukan strategi promosi, dikarenakan promosi merupakan hal yang sangat penting dalam usaha ini. Maka kami juga mempertimbangkannya. Sarana promosi yang digunakan yaitu melalui brosur, kartu nama, katalog dan spanduk.
Strategi promosi yang harus dilakukan sebelum dan pada saat usaha berlangsung adalah penyebaran brosur, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, memasang spanduk di tempat umum, serta mengikuti ajang pameran fashion seperti fashion week. Selain itu, strategi promosi dalam mempertahankan konsumen adalah memberikan discount pada pembeli, misalnya pada waktu atau event-event tertentu.
    1. Tenaga Kerja Langsung
Seiring berkembangnya pemasaran, maka kami berusaha melakukan perekrutan terhadap orang-orang yang ahli dalam Hijab designer, setelah itu karyawan tersebut akan dilatih, dibimbing dan ditraining. Tenaga produksi ini sendiri akan mendapatkan insentif gaji. Untuk SPG dan kasir sebesar Rp. 500.000,00/bulan, Hijab stylist sekali datang Rp100.000,00 untuk display manequinn dan mentraining para SPG untuk kreasi hijab. Inventoris gudang sebesar Rp. 350.000/bulanPetugas parkir sebesar Rp. 200.000,00/bulan. Sedangkan dalam melakukan negoisasi dan kerjasama dengan pihak terkait dilakukan oleh kami sendiri.
2. Aspek Produksi
Aspek produksi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam keberhasilan dan kemajuan usaha toko hijab ini. Toko hijab adalah salah satu produk konsumsi yang termasuk pada shopping goods atau barang belanja, yaitu barang yang proses pembeliannya dibeli oleh konsumen dengan cara membandingkan berdasarkan kesesuaian mutu, harga, dan model. Oleh karena itu dalam memproduksi saya harus mengetahui apa selera pasar yang sedang dicari saat ini diperlukan suatu sense of hijab fashion yang tinggi dalam hal memproduksi hijab.
Berdasarkan perencanaan penjualan yang telah dilakukan maka saya akan memproduksi 1000 hijab dan ciput yang akan dipilih secara selektif dengan pemilihan bentuk, model dan bahannya. Tidak lupa untuk memilih kualitas yang baik dengan harga yang bersaing.
Guna mendukung dari rencana pengembangan produksi maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu : (1) Persiapan Tata Letak (Lay Out) dengan tambahan tenaga kerja, dan barang jadi.(2) tata cara pemenuhan, (3) penanganan hasil produksi, (4) tempat memproduksi. Dalam uraian berikut akan dijelaskan perincian dari persiapan yang harus dilakukan.
2.1 Persiapan Tata Letak (Lay out) House of Hijab
House of hijab akan dibuat dengan konsep minimalis yag tidak memakan banyak tempat dengan ruangan tingkat didalamnya didesain seperti rumah yang minimalis, sehingga pengunjung yag datang akan merasakan suasana dirumah sendiri yang nyaman. Seperti rumah kebanyakan didalamnya terdapat ruang tamu, ruang keluarga atau ruang untuk menonton TV bersama, ruang tidur, ruang makan, kamar mandi, dapur. Begitu pula house of hijab akan dilengkapi dengan ruang-ruang tersebut untuk mendisplay hijab-hijab cantik yang akan siap dipakai. Kamar mandi dan dapur tidak akan digunakan untuk mendisplay hijab. Namun, pemanfaatan yang lebih kepada ruang untuk relaks saat lelah memilih hijab.
Untuk pemanfaatan kamar tidur akan digunakan untuk tutorial atau dilaksanakannya progran trial bagi para pelanggan house of hijab yang sudah membeli hijab. Disana pelanggan akan merasa nyaman seperti dirumah sendiri.
Untuk para lelaki entah itu ayah, teman, pacar, suami, kakek, adik ataupun kakak dapat menunggu para perempuan yang sedang asik berbelanja di ruang keluarga untuk sekedar menonton TV atau hanya duduk menunggu. Karena pada banyak kasus, seorang laki-laki tidak akan betah menunggu perempuan berbelanja dan cenderung akan menyuruh perempuan untuk cepat memilih dan tidak akan membiarkan perempuan berbelanja banyak. Padahal, untuk berbelanja di house of hijab diperlukan waktu yang lumayan lama karena kita akan melakukan program trial bagi yang menghendakinya. Untuk anak-anak juga disediakan arena bermain yang aman dan juga dirancang minimalis agar para perempuan dapat nyaman berbelanja
2.2 Pemenuhan bahan
Hijab, ciput dan aksesoris akan didapat dari pasar Tanah Abang Jakarta yang juga merupakan pusat perbelanjaan yang cukup besar di kawasan Asia Tenggara. Saya sudah melakukan pengecekan harga di pasar Tanah Abang tersebut dan harga yang dipatok untuk penjualan grosir pun sangat murah jika dibandingkan dengan harga grosir di pasar Beringharjo. Pemenuhan ini saya lakukan sendiri dengan cara membeli disana dengan pemilihan barang yang selektif dengan mengetahui selera pasar yang sedang tren.
2.3 Penanganan Hasil Produksi
Penanganan hasil produksi dilakukan oleh inventoris gudang yang akan mencatat semua barang yang masuk dan yang sudah terjual. Semua disusun secara rinci sehingga akan diketahui barang mana yang merupakan selera pasar dan barang mana yang tidak disukai pasar.

2.4 Tempat memproduksi
Ditempat tersebut akan dipasang label atau merek dari house of hijab yang nantinya akan dipasang (HoH!) dan juga label harga. Tempat tersebut terletak diantara gudang dan toko.
  1. METODE PENDEKATAN
Guna mencapai target luaran dan keuntugan, dilakukanlah beberapa metode pendekatan, yaitu pendekatan survei. Pendekatan survei digunakan untuk menganalisis data sejauh mana kelayakan program dilakukan. Teknik observasi dilakukan untuk mencari data tentang lokasi pemasaran dan proses produksi.
Setelah melakukan observasi kemudian melakukan analisis SWOT. Analisis ini meliputi analisis mengenai kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threath) usaha.
Dengan metode pendekatan diatas, diharapkan kegiatan produksi akan berjalan lancar dan dapat segera diantisipasi apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari yang dapat mengganggu pelaksanaan usaha. Setelah melalui tahap analisis, kekuatan-kekuatan dan peluang progam dijadikan acuan pengembangan, sedangkan kelemahan dan ancaman harus diantisipasi sedini mungkin guna kelancaran dan keberhasilan usaha.

  1. Strength (kekuatan)
  1. Usaha ini merupakan desain baru dari berbagai toko hijab yang ada di Yogyakarta;
  2. Lokasi produksi dan pemasaran yang strategis;
  3. Penerapan program buy and trial it yang membuat pelanggan tertarik untu membeli;
  4. Pendaftaran membership yang mempunyai 2 keuntungan akhirat dan duniawi yaitu dana akan disumbangkan ke panti asuhan sekaligus mendapat fasilitas lain di house of hijab seperti merchandise, voucher belanja, dan potongan harga;
  5. Para pekerja atau karyawan yang mempunyai kemampuan di bidangnya;
  6. Suasana yang nyaman seperti dirumah sendiri;
  7. Pelayanan yang ramah dengan 3S nya (senyum, salam dan sapa)
  1. Weakness (kelemahan)
    1. Daya beli pasar yang lemah
    2. Banyaknya toko hijab yang menjual lebih murah
  2. Opportunity (peluang)
    1. Merupakan konsep toko hijab baru yang masih langka dan akan lebih diminati para konsumen.
    2. Suasana rumah yang nyaman dan santai dengan berbagai ruangan yang dapat dimanfaatkan.
    3. Meningkatnya kesadaran muslimah untuk memakai hijab
    4. Kesadaran para muslimah yang berhijab untuk menjaga penampilannya
  3. Threath (ancaman)
Ancaman dari usaha ini adalah adanya proses persaingan yang yang cukup ketat di bidang hijab yang menawarkan harga yang murah dengan kualitas rendah.

Selain itu metode pendekatan dapat juga dilakukan dengan beberapa hal yaitu:
1. Analisis Peluang Usaha
Kemudian untuk analisis dilakukan untuk memperkirakan proses selanjutnya apakah usaha ini akan berjalan dengan lancar atau akan merugi.
Hal-hal yang perlu dianalisis sebagai berikut :
  1. Permodalan;
  2. Ketersediaan peralatan, perabotan dan barang produksi;
  3. Tenaga kerja;
  4. Konsumen sasaran.
  1. RINCIAN PERLENGKAPAN
  • Perlengkapan baku terdiri dari : rak display 20 buah, kepala mannequinn 10 buah, komputer kasir+meja 1 buah, kursi panjang 3 buah, karpet 5 buah, kaca dan hiasan interior ruangan (ornamen tambahan, bunga hias, lukisan, cat, dll), TV, Mainan Anak.
  • Perlengkapan hijab, ciput dan aksesoris.
  • Peralatan penunjang lainnya, antar lain : langganan koran dan majalah, dan seragam karyawan, makan, alat pembersih rumah, karcis parkir, pewangi ruangan, dll

  1. RINCIAN BIAYA
  • Perlengkapan baku : Rak Display Rp1.000.000,00
Kepala Manequinn Rp500.000,00
Komputer&Meja kasir Rp600.000,00
Kursi panjang Rp900.000,00
Karpet Rp200.000,00
TV Rp1.200.000,00
Mainan Anak Rp300.000,00
Hiasan&Kaca Rp300.000,00
  • Perlengkapan hijab Rp10.000.000,00
  • Perlengkapan ciput Rp2.500.000,00
  • Perlengkpan aksesoris Rp1.000.000,00
  • Perlengkapan penunjang Rp1.500.000,00
Jumlah biaya keseluruhan yaitu : Rp. 20.000.000,00
Untuk gaji pertama karyawan diambil dari keuntungan yang didapat dalam sebulan beroperasi dan menjalankan toko hijab, dan selanjutnya berusaha untuk menganti dan menutup uang yang dipakai mengaji karyawan tersebut sehingga pendapatan yang diperoleh lebih jelas dan tranparan.


  1. KEBERLANJUTAN USAHA
Persaingan yang culup ketat membayangi bisnis hijab ini tetapi asalkan dikelola dan dijalankan semaksimal mungkin maka akan tetap berjalan, karena melihat fenomena muslimah pada saat ini yang sangat memperhatikan penampilannya akan menjadi efektif bisnis ini, disamping itu konsep rumah yang nyaman bagi para pelanggan yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para pelanggan. Selain itu juga memperhatikan lokasi pemasaran yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.
Dengan modal awal yang dapat dikatakan minim, namun apabila digunakan dan dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin, maka dapat menjalankan usaha ini juga. Untuk selanjutnya apabila ada investor yang bersedia untuk diajak bekerja sama, maka akan dapat digunakan untuk mengembangkan usaha ini.





Share this article :

1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Semua bunga esok hari ada dalam benih hari ini. Semua hasil esok hari ada dalam pikiran ini -Aristoteles-

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Entri Populer

 
Support : Creating Website | Tomy Template | Arvenz
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Not Only About Education , It's About Me - All Rights Reserved
Template modif by Tomy Work with Arvenz