Headlines News :
Home » » KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD SE KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD SE KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA

Written By ria putri on Jumat, 04 Januari 2013 | 23.35


Lolos Penelitian Latihan Mahasiswa FIP UNY 2012


KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SD SE KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA


Oleh : Yaris Shidiq Zamroni, Ria Putri Palupijati, Murti Sarining Laras

ABSTRAK
        Kepemimpinan transformasional diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru SD se-Kecamatan Kraton Yogyakarta. Namun dalam implementasi di sekolah terdapat beberapa individu guru yang kurangnya penguasaan terhadap ilmu pendidikan, kurang maksimalnya perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, kurangnya kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat, kurangnya penguasaan materi keilmuan dan kurangnya penguasaan kurikulum bidang studi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kepemimpinan transformasional guru dalam meningkatkan kompetensi guru SD se Kecamatan Kraton Yogyakarta.
Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah Guru SD se Kecamatan Kraton Yogyakarta yang berjumlah 20 sekolah. Sedangkan sampelnya adalah empat guru pada setiap SD di kecamatan Kraton Yogyakarta. Untuk memngumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa angket yang diisi oleh guru pada tiap sekolah.
Hasil penelitian ini adalah guru memandang telah mampu melaksanakan kepemimpinan transformasional pada semua kompetensinya yaitu dengan rata-rata nilai persentase sebesar 97 % atau tergolong “sangat tinggi”, hal ini menunjukkan bahwa semua kompetensi yang ada masih dalam jangkauan kemampuan kepemimpinan transformasional guru. Sedangkan aspek kepemimpinan transformasional guru dalam kompetensinya dengan tingkat kesulitan tertinggi adalah  kompetensi professional guru pada aspek menulis buku pelajaran, yaitu dengan persentase sebesar 69%.
 Kata Kunci : Kepemimpinan Transformasional, Kompetensi Guru
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Mengenai Saya

Foto saya
Semua bunga esok hari ada dalam benih hari ini. Semua hasil esok hari ada dalam pikiran ini -Aristoteles-

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Entri Populer

 
Support : Creating Website | Tomy Template | Arvenz
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Not Only About Education , It's About Me - All Rights Reserved
Template modif by Tomy Work with Arvenz