Lolos Penelitian Latihan Mahasiswa FIP UNY 2012
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN
KOMPETENSI GURU SD SE KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA
Oleh
: Yaris Shidiq Zamroni, Ria Putri Palupijati, Murti Sarining Laras
ABSTRAK
Kepemimpinan transformasional
diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru SD se-Kecamatan Kraton
Yogyakarta. Namun dalam implementasi di sekolah terdapat beberapa individu guru
yang kurangnya penguasaan terhadap ilmu pendidikan, kurang
maksimalnya perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, kurangnya kemampuan
berkomunikasi dengan masyarakat, kurangnya penguasaan materi keilmuan dan
kurangnya penguasaan kurikulum bidang studi yang diajarkan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kepemimpinan
transformasional guru dalam meningkatkan kompetensi guru SD se Kecamatan Kraton
Yogyakarta.
Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Subjek penelitian adalah Guru SD se Kecamatan Kraton Yogyakarta yang berjumlah 20 sekolah.
Sedangkan sampelnya adalah empat guru pada setiap SD di kecamatan Kraton Yogyakarta. Untuk memngumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang
berupa angket yang diisi oleh guru pada tiap sekolah.
Hasil penelitian ini adalah guru memandang telah mampu
melaksanakan kepemimpinan transformasional pada semua kompetensinya yaitu
dengan rata-rata nilai persentase sebesar 97 % atau tergolong “sangat tinggi”,
hal ini menunjukkan bahwa semua kompetensi yang ada masih dalam jangkauan
kemampuan kepemimpinan transformasional guru. Sedangkan aspek kepemimpinan
transformasional guru dalam kompetensinya dengan tingkat kesulitan tertinggi
adalah kompetensi professional guru pada
aspek menulis buku pelajaran, yaitu dengan persentase sebesar 69%.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !