Headlines News :
Home » » Laskar Kearifan Lokal

Laskar Kearifan Lokal

Written By ria putri on Sabtu, 05 Januari 2013 | 01.34

nb: Finalis Lomba Youth Power Fisipol UGM 2011


LASKAR KEARIFAN LOKAL (LKL) GUNA MEMBENTUK GENERASI PEMUDA CINTA NEGERI DAN TANGGAP GLOBALISASI
Novantoni (09105241009)
Ria Putri Palupijati (10110241009)
Umi Maslakhatun (10104241010)
Arifin Septyanto (09105244041)

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

ABSTRAK
Masuknya proses globalisasi ke Indonesia memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perubahan dan perkembangan berbagai aspek kehidupan. Perlahan dengan adanya globalisasi akan merubah perilaku dan ideologi hidup bangsa sampai pada hal yang sangat mendasar. Aktor utama yang paling merasakan dampak dari adanya globalisasi adalah para pemuda. Pemuda Indonesia sekarang ini telah jauh dari nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia. Pemuda sebagai penerus bangsa perlu dipersiapkan agar bangsa Indonesia kedepan tidak semakin jauh dari nilai-nilai luhur yang kita miliki. Untuk mempersiapkan ini, penulis menggagas bahwa perlu adanya gerakan cinta kearifan lokal yang kemudian diangkat pada wacana nasional. Penulis menyebutnya dengan Laskar Kearifan Lokal (LKL) Guna Membentuk Generasi Pemuda Cinta Negeri dan Tanggap Globalisasi. Melalui gerakan ini diharapkan  para pemuda kembali kepada nilai-nilai kearifan lokal yang mereka miliki tanpa melupakan adanya sisi positif dari globalisasi itu sendiri.
Tujuan dari gagasan ini adalah menciptakan solusi baru yang berupa komunitas atau gerakan pemuda berbasis kearifan lokal, guna membentuk pemuda bangsa yang cinta negeri dan tanggap globalisasi. Manfaat dari gagasan yang penulis ajukan ini adalah sebagai sarana bagi masyarakat guna mentransferkan nilai-nilai budaya daerahnya kepada para pemuda.
Metode penulisan karya tulis ini adalah melalui studi literatur dari berbagai sumber. Penulis mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Metode penulisan dalam penyusunan karya tulis ini bersifat deskriptif.
Beberapa aktivitas yang dapat diimplementasikan dalam LKL antara lain: (1) Pembuatan Taman Belajar Masyarakat (TBM) Berbasis Kearifan Lokal, yang berfungsi sebagai tempat pusat kegiatan dari pemuda LKL (basecamp) dan menyimpan berbagai koleksi hasil budaya setempat; (2) Pengadaan Perpus Budaya yang berisi literatur tentang budaya daerah; (3) Sanggar kreativitas pemuda; dan (4) Pagelaran rutin seni daerah. Beberapa nilai-nilai yang diterapkan dalam Laskar Kearifan Lokal seperti gotong royong, kekeluargaan, mencintai lingkungan, dan tepa selira (toleransi). Dari beberapa nilai tersebut kemudian dipadukan dengan nilai-nilai khas yang menjadi karakter khas dari masing-masing daerah.
Strategi untuk menerapkan Laskar Kearifan Lokal ini dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut: (1) Memberikan penyuluhan/sosialisasi yang bersifat deskriptif dan persuasif; (2) Mengemukakan pendapat warga mengenai kondisi lingkungan dan budaya yang berkaitan dengan nilai yang berlaku; (3) Memberikan sugesti yang positif mengenai perkembangan Laskar Kearifan Lokal kepada para pemuda; (4) Temu pendapat masyarakat akan potensi yang dimiliki untuk dikembangkan melalui Laskar Kearifan Lokal; (5) Open Recruitment anggota; dan (6) Melakukan kesepakatan bersama untuk merintis kepengurusan Laskar Kearifan Lokal dan pembuatan program kerja.
Kata kunci: Laskar Kearifan Lokal, Kearifan Lokal, Pemuda.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Mengenai Saya

Foto saya
Semua bunga esok hari ada dalam benih hari ini. Semua hasil esok hari ada dalam pikiran ini -Aristoteles-

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Entri Populer

 
Support : Creating Website | Tomy Template | Arvenz
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Not Only About Education , It's About Me - All Rights Reserved
Template modif by Tomy Work with Arvenz